Makalah Internet

Teknologi Internet Di sektor Perdagangan

ditulis oleh Wildan pada 15 november 2022

KELOMPOK 3 NRP : 3122600023 NRP : 3122600028 NRP : 3122600024 Muhammad Amir Abdurrozaq Wildan Ardana Aulia Ilham Nur Alfian NRP : 3122600002 Fatimah Az-Zahra' Mahros

Sektor Perdagangan Sebelum Adanya Internet Dulu, sebelum adanya internet, pelaku kegiatan ekonomi kegiatannya dengan cara mulai dari berdagang, berbelanja dengan bertatap muka secara langsung. Konsumen yang ingin membeli barang harus datang melihat secara fisik sehingga terjadi pertemuan antara pedagang. Ciri ciri Perdagangan Sebelum Adanya Internet Melihat barang yang ingin dibeli secara langsung Barang Pedagang dan Pembeli melakukan tatap muka secara langsung Tatap Muka Uang Tunai Sektor Perdagangan Kekurangan Sektor Perdagangan Sebelum Adanya Internet Jangkauan Pasar Jangkauan pasar sangat terbatas karena hanya berada di satu tempat Tempat Memerlukan tempat fisik/nyata maka dibutuhkan biaya untuk tempatnya. Karyawan Banyaknya aktivitas dan tugas yang harus dikerjakan, dibutuhkan karyawan yang lebih banyak pula. Waktu Waktu yang terbatas, karena hanya pada jam tertentu saja terbuka Produk terbatas Karena pembatasan stok untuk mengurangi kerugian, biasanya produk yang tersedia terbatas Sektor Perdagangan Setelah adanya Internet Sekarang, setelah adanya internet, pelaku kegiatan ekonomi tidak harus bertemu secara langsung dengan seseorang untuk melakukan perdagangan maupun pembelian. Konsumen yang ingin membeli produk sekarang, bisa tinggal melihat review dari konsumen lain dan deskripsi atau foto dari produk yang ingin dibeli. Penjual sekarang juga tidak harus menyiapkan toko fisik untuk mulai berjualan. PAY Ciri-ciri Perdagangan Setelah Adanya Internet E-money Dengan bantuan internet perdagangan sekarang tidak perlu menggunakan uang tunai Pasar luas Dengan bantuan internet dan peningkatan infrastruktur logistik dan transportasi, sekarang pasar luas dan lebih aksesibel untuk semua Produk Konsumen tidak perlu repot-repot untuk ke lokasi fisik pedagang untuk melihat produk 01 04 03 02 E-commerce Transaksi dilakukan secara elektronik di internet dan tidak memerlukan pedagang dan konsumen untuk bertatap muka PAY Kelebihan Sektor Perdagangan Setelah Adanya Internet Jangkauan Pasar Jangkauan pasar sangat luas dan lebih aksesibel untuk semua Tempat Pedagang tidak memerlukan tempat fisik/nyata yang memakan biaya Karyawan Tidak memerlukan karyawan yang banyak untuk menjalankan e-commerce karena hampir semua sudah dibantu oleh e-marketplace Waktu Karena pedagang tidak perlu melayani konsumen secara langsung, waktu pedangan menjadi lebih fleksibel

Teknologi Informasi SERVICES

E-COMMERCE : AMAZON ALIBABA SHOPEE TOKOPEDIA

DELIVERY : JNE JNT NINJA EXPRESS

E-WALLET : DANA GOPAY LINK AJA